Header Ads

Solusi Wifi Tidak Aktif (fn+f5) pada Lenovo Z480

Wifi Lenovo Z480
Komputer Lenovo Z480
Salam Hangat rekan-rekan blogger sekalian.
Sebelumnya pernah saya menulis artikel tentang masalah Wifi pada Laptop Toshiba (artikel disini) kali ini saya menemukan permasalahan yang sama namun pada Laptop LENOVO Z480 salah satu laptop recomended buat rekan rekan yang memiliki kerjaan yang membutuhkan aplikasi berat, spesifikasinya Processor: Core i5 3210M / 2.5 GHz, VGA: nVidia GF GT640M / 2GB, Memory: 4.0 GB, Hard Drive: 750 GB, Display: 14.0" WXGA LED.
Seperti yang kita ketahui wifi salah satu hal terpenting dalam penggunaan Laptop, hal ini dikarenakan wifi merupakan salah satu perangkat untuk mengakses internet pada laptop. 

Ada beberapa kendala yang ditemukan pada Laptop LENOVO Z480 setelah menginstal Windows 8 (tidak berlaku umum), kurang lebih 1 bulan setelah penginstalan Laptop tidak dapat Boot ke BIOS dan terdapat tulisan BOOT MGR namun setelah dibawa ke Service Center Lenovo dengan informasi bahwa BIOSnya butuh diupdate. Namun kendala lain muncul kemudian setelah BIOSnya diupdate dan kembali menginstal Windows 8. Setelah penginstalan Wifi LENOVO Z480 tidak dapat aktif Fn+F5 tidak berfungsi. setelah mengutak atik device manager driver Wifi terbaca namun ada informasi Wifi Device is Off. Searching di Google.com pada forum forum luar negeri ada beberapa sulusi yang ditawarkan namun tidak berhasil sampai saya menemukan langkah perbaikan ini :
  1. Driver Lenovo Energy Manager pada Windows  8, hanya berfungsi untuk Airplane On/Off tapi tidak mengaktifkan Wifi saat Fn+F5 ditekan.
  2. Lakukan Langkah berikut :
    1. Download Driver Lenovo Energy Manager tapi untuk Windows 7 (Linknya search saja di Google ^_^ ) atau bisa ke sini atau bisa jg ke sini
    2. Jangan Lupa sebelumnya Download Microsoft .NET Framework 3.5 (include 2.0), hal ini perlu dikarenakan Lenovo Energy Manager untuk Windows 7 memerlukan Microsoft .NET Framework 2.0 sebelum penginstalan. (lalu bagaimana caranya diinstal sedangkan wifi tidak aktif, solusinya gunakan Modem ^_^ ) (linknya Search saja di Google ^_^)
    3. Jika sebelumnya telah menginstal Driver Lenovo Energy Manager Windows 8 baiknya di Uninstall dulu kemudian Restart. setelah itu Install Driver Lenovo Energy Manager  yang versi Windows 7.
    4. setelah menginstal Driver Lenovo Energy Manager Restart Laptop LENOVO Z480 dan tunggu sampai Login ke Windows 8.
    5. Wifi LENOVO Z480 kembali aktif dan Fn+F5 pun berfungsi kembali
Solusi Wifi Tidak Aktif (Fn+F5) pada Lenovo Z480 ini kemungkinan dapat berfungsi juga pada Laptop Lenovo type Z. So... buat rekan-rekan yang memiliki kendala Wifi pada Laptop Lenovo. silahkan dicoba. semoga sukses. ^_^

3 comments:

  1. masalah ini sama persis dg saya yg memakai Lenovo Z370i, sangat membantu sekali, thank's sob

    ReplyDelete
  2. makasih banget yaaa, gan! ini ngebantu banget!XD

    ReplyDelete
  3. Aaah, sama banget ini masalah saya. Ga bisa masuk bios juga. Tapi setelah install lenovo power management ini tetep ga bisa wifi karena dari situ dia minta nyalain dulu wifinya (berarti secara fisik belum dinyalain atau enabled), entahlah pusing :|

    ReplyDelete

Powered by Blogger.