Header Ads

Aplikasi Database pada Longtion Application Builder

Longtion Application Builder adalah software pembuat aplikasi tanpa coding yang sebelumnya telah diposting, artikel kali ini memperkenalkan cara membuat aplikasi database pada Longtion Application Builder. berikut cara pembuatannya :

pada icon tool bar software ini terdapat icon yang database, icon ke-6 dari kiri (lihat G1). klik icon tersebut untuk memunculkan configurasi database (lihat G2). buat nama database dan klik tombol create untuk membuat database baru (lihat G3). dan save
Longtion Application Builder
G1.Tampilan Longtion Application Builder

Longtion Application Builder
G2. Konfigurasi Database Longtion Application Builder
Longtion Application Builder
G3. Pembuatan nama database baru pada Longtion Application Builder
Selanjutnya database baru telah tersimpan. lakukan pembuatan tabel dengan mengklik tombol tabels setelah mengklik tombol connection database (lihat G2). pada menu Database Tables terdapat tombol Create Table... untuk membuat Tabel pada database yang telah kita buat. setelah itu buat Field pada tabel yang telah dibuat dengan mengklik tombol add Field. tentukan Field Name dan Type Data sesuai kebutuhan database kita (lihat G5) pada contoh saya membuat database sederhana untuk nama barang. setelah semua kebutuhan Field telah dibuat. klik OK
Longtion Application Builder
G4. Database Tables
Longtion Application Builder
G5. Pembuatan Field pada table yang telah dibuat.
setelah mengkonfigurasi database saatnya kita mengimplementasikan pada form yang telah tersedia. pada Form Utama klik icon DBTable (samping kanan icon yang disorot, maap salah capture. hihihi) (lihat G6)  dan letakkan pada Form Utama (lihat G7).  klik icon DBTables pada form dan configurasikan untuk link pada tabel yang telah kita buat sebelumnya pada properties. sesuaikan Database dan TableName. jangan lupa untuk merubah Active menjadi True (lihat G7)
Longtion Application Builder
G6. Toolbar pada Longtion Application Builder
Longtion Application Builder
G7. Memasukkan DBTables connection pada Form Utama
setelah konfigurasi database, kita membuat Kolom pengimputan data. pilih icon Label pada tool bar untuk menentukan nama kolom. dan pilih icon ber tuliskan ab atau Add DBEdit pada toolbar untuk menambahkan kolom yang dimana data yang diisikan pada kolom tersebut akan menjadi database setelah disimpan.  (lihat G8). buat semua DBEdit yang disesuaikan pada Field yang telah dibuat pada database. jangan lupa mengkonfigurasi DBEdit sesuai field yang telah disediakan pada database. (lihat G8). setelah Label dan DBEdit telah ada. pilih Add DBNavigator pada toolbar untuk mengarahkan penyimpanan data yang telah diimput ke database yang telah disiapkan (lihat G9). Jangan lupa untuk mengkonfigurasi DBNavigator pada properties DataSet agar ditujukan pada database yang telah dibuat.
Longtion Application Builder
G8. Membuat Kolom Pengimputan dengan Add DBEdit
Longtion Application Builder
G9. Menambahkan Add DBNavigator pada Form Utama
setelah semua telah tersedia, saatnya membuat data grid untuk menampilkan database yang telah diinput dengan menklik Add DBGrid pada tool bar, sesuaikan properties DBGrid dengan nama field sesuai database (lihat G10). jangan lupa utnuk membuat Text Shadow untuk menentukan nama Aplikasi.
Longtion Application Builder
G10. DBGrid pada Longtion Application Builder
Setelah seluruh Kolom dan data grid telah tersedia, saatnya menjalankan programnya dengan mengklik Run pada Tool bar. akan muncul tampilan seperti pada Gambar 11.
Longtion Application Builder
G11 Form Pengimputan Barang saat di jalankan.
Setelah semuanya selesai. pilih File dan ReBuild untuk membuat file EXE nya.

pembuatan aplikasi sederhana diatas untuk membatu rekan rekan dalam melakukan pendataan barang secara sederhana, tentunya buat rekan rekan sekalian yang tidak mahir dalam Coding program. jika rekan rekan sekalian mahir pada Coding Program tentunya dapat membuat aplikasi jauh lebih detail lagi di applikasi ini. 

Selama mencoba


2 comments:

  1. Setelah bikin seperti contoh form G5, pas di klik OK, muncul warning "Syntax error in field definition", itu kenapa ya???

    ReplyDelete
  2. mau tanya gan klw inputnya biar hanya bisa di isi number aja bisa?

    ReplyDelete

Powered by Blogger.